Saturday, November 14, 2009

Mudah Membuat blog di Blogger

1. Apa itu Blog ?

Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih menitikberatkan kepada  si pembuat blog itu sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi kita yang mungkin masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

2. Cara membuat blog

    Seperti dalam membuat e-mail, kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu. Begitu juga dalam membuat blog. Oleh karena itu sobat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di penyedia blog gratis. Penyedianya sangat banyak di internet. Contohnya saat ini yang sedang populer adalah http://www.blogger.com, dan http://www.wordpress.com.
Karena saya sebelumnya kita sudah membahas tentang cara pembuatan blog di Wordpress, sekarang saatnya kita membahas tentang pembuatan blog di Blogger, pertama-tama silahkan sobat buka http://www.blogger.com .


Setelah anda berada pada situs blogger.com. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

   1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "

   2. Selanjutnya, isi Alamat Email dengan alamat email anda (hati-hati jangan sampai salah walau satu huruf pun karena pasti tidak akan sampai ke alamat email anda bila salah.)

   3.  Lalu, isi kembali alamat email anda tadi pada form "Ketik ulang alamat email".

   4. Tulis kata kunci atau kata sandi (password )yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password. (Usahakan sulit bagi orang lain namun mudah diingat oleh sobat)

   5. Isikan kembali password anda tadi pada form Ketik ulang kata kunci  (password)

   6. Selanjutnya, isi "Nama Tampilan Blog" dengan nama yang ingin sobat tampilkan pada blog sobat nantinya.

   7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.

   8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

   9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di ubah) pada form Judul Blog

  10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog atau URL (cari kata se efektif mungkin yang juga mewakili isi blog anda)

  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".

  12. Pilihlah sebuah template yang anda inginkan (nanti bisa di ubah), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "Lanjutkan"

  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah diciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLIKASIKAN POSTING".


3. Mengisi Blog

      Bagi para pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi( diposting ) dalam sebuah blog. Isi ( content ) dari sebuah blog tentu saja ada ditangan pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi puisi, pengalaman, perjalan hidup, pengetahuan, teknik, atau lainnya. Sebaiknya dalam mengisi blog, isilah dengan hobi atau keahlian anda sendiri, sehingga dapat membuat orang lain akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.

No comments:

Post a Comment