Thursday, November 26, 2009

Mengganti template Blogger / blogspot


          Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat blog, baik di wordpress maupun di Blogger (Blogspot). Nah kali ini, dilatar belakangi oleh pertanyaan dan keluhan sobat saya yang bingung bagaimana cara mengganti tema blog(templates). Jadi, saya kali ini akan membahasnya. Sebelum dilanjutkan, pastikan Sobat telah mengunduh (download) file template untuk blogspot yang berekstensi .XML. Bahasa XML adalah masih keluarga dari HTML dan XHTML dan merupakan standar bahasa web yang bisa diterjemahkan oleh browser internet sehingga susunannya menjadi sedemikian rupa yang membentuk sebuah layout (desain blog).
"Oh ya, sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, biasanya (sering) kalau mengunduh  template, file .XML nya itu di compress menggunakan Winrar atau Winzip. Jadi jangan lupa untuk di extract terlebih dahulu filenya. (kebanyakan blogger pemula tidak tahu akan hal ini, mereka langsung meng unggah file winrar atau winzip-nya sehingga akan terjadi error.)"
 

Silakan Login menggunakan account blogger/Google Anda.
Langkah pertama, setelah sobat berada di Dashboard pilih tata Letak (Layout).


Langkah kedua, pilih edit HTML.
Langkah ketiga, pilih telusuri (browse) lalu cari file .XML-nya.


Langkah  ke empat, pilih unggah(upload)
[OPSIONAL]  Langkah ke Lima, bila muncul keterangan sobat akan menghapus salah satu widget atau HTML tertentu maka untuk konfirmasi sekaligus menghapusnya maka Sobat hanya perlu memilih tombol konfirmasi &  hapus.
Selesai. Silakan sobat kunjungi blog sobat dan lihat perbedaan temanya setelah tema diganti.
Terimakasih semoga bermanfaat.
Pastiakubisa.blogspot.com

No comments:

Post a Comment