Friday, November 27, 2009

Pilih Wordpress atau Blogspot?

   Bagaimana sobat, apa kabar??

Jumpa lagi bersama saya di pastiakubisa.blogspot.com. Belakangan ini saya dan teman-teman mendapat tugas membuat blog dari guru TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) kami. Ada dua pilihan  membuat blog mau di Blogger (Blogspot) atau di wordrpess.com. Bagi sobat yang pemula pasti bingung akan membuat blog dimana?? (betul tidak??). Baiklah agar tidak bingung lagi simak pembahasannya berikut ini.

Blogger.com (Blogspot)

Blogspot terlahir lebih dahulu ketimbang Wordpress, sebelum diakuisisi oleh Google maka Blogspot memang sudah sangat populer karena kemudahannya untuk digunakan secara instant. Anda tidak perlu susah payah untuk menentukan nama domain Anda bahkan membelinya, cukup siapkan dipikiran Anda nama identitas yang sesuai untuk memulainya.
Dengan berbekal sebuah email valid Anda sudah cukup untuk memiliki sebuah blog, Bahkan hanya dengan satu buah email saja Anda bisa memiliki banyak blog. Blogspot lengkap dengan berbagai fitur untuk keperluan ngeblog mulai dari layout yang tersedia gratis dari berbagai sumber, widget atau gadget yang akan memperkaya nuansa blog Anda serta banyak hal lain selain standar aplikasi blog yang mengacu pada standar web2.0.
Tidak hanya sampai disitu, saat ini Blogspot dapat dimodifikasi dengan menggunakan nama domain Anda sendiri. Keren, bukan??
Karena mendapatkan saingan yang cukup signifikan dari Wordpress.com maka Google memutar otak lebih keras bagaimana caranya meningkatkan performa dan fitur melalui Gadget-nya. Bahkan secara khusus Google memperkenankan para blogger-nya untuk mengintegrasikan berbagai layanan Google lainnya untuk di gabungkan.
Berdasarkan pengalaman beberapa tahun menggunakan Blogspot beberapa kelemahan yang saya rasakan adalah kurang fleksibel dari sisi desain layout atau tampilan serta keterbatasan fitur khusus blog lain yang dapat digunakan. Banyaknya kasus gagal mengganti template blogspot juga menjadikan isu tersendiri bagi pada blogger. Silakan baca tulisan saya mengenai bagaimana cara mengganti template blogspot, dimana rata-rata banyak yang gagal mengganti template dan akhirnya mengeluh..

Wordpress: Media Segala Media


Mengapa saya menyebutnya seperti itu karena Wordpress saat ini telah berkembang tidak hanya sebagai platform untuk ngeblog semata. Wordpress adalah CMS (Content Management System) yang sangat menjanjikan. Yang paling saya sukai dari Wordpress khususnya Wordpress self-hosted adalah sangat fleksibel untuk dimanfaatkan.
Wordpress juga mengeluarkan versi yang sama dengan Blogspot yaitu Wordpress.com. Dimana Anda juga tidak perlu menentukan nama domain khusus karena cukup berbekal sebuah identitas unik sebagai subdomain dan bisa langsung secara instant digunakan.
Wordpress.org sangatlah powerful, apapun kebutuhan Anda untuk keperluan ngeblog telah tersedia. Mulai dari desain template wordpress yang luar biasa tersedia banyak di Internet serta berbagai macam desain yang unik dan indah hingga plugins yang akan memperkaya media blog Anda menjadi semakin bermanfaat dan menyenangkan.

Tentukan pilihan Anda!

Jika ditanya mana yang Anda pilih? saya sangat menganjurkan Anda untuk menggunakan keduanya. Wordpress sebetulnya sudah menjawab sebuah kebutuhan Anda dan saya yakin sekali dengan itu. Namun jangan anggap remeh Blogspot, karena satu-satunya alasan saya adalah karena masalah trafik. Apalah gunanya Anda ngeblog tanpa ada orang yang membaca.
Lihatlah nama besar Google dibalik nama Blogspot dan ini dalah jaminan. Setidaknya Google sedikit lebih memperhatikan dunia blog dan sangat cinta mati dengan media blog apalagi mereka memiliki platform khusus blog sendiri yaitu Blogspot.
Apabila Anda memang serius untuk ngeblog guna keperluan yang lebih menantang gunakanlah Wordpress.org. Tanpa basa-basi lagi Anda pasti sudah tahu jawabannya. Lihatlah beberapa nama blog besar dijagad internet seperti Techcrunch, Mashable, John Chow, Shoemoney dan lainnya menggunakan Wordpress sebagai CMS.
Bagaimana pendapat Anda? saatnya menentukan pilihan!.


Dapatkan tutorial bagaimana cara membuat blog di wordpress atau cara membuat blog di blogger.

Terimakasih, semoga bermanfaat.
Pastiakubisa.blogspot.com

No comments:

Post a Comment